Laman

advertisement

link

Kamis, 13 Oktober 2011

Tehnik Illustrasi Gerak Dalam Mengajarkan Bahasa Inggris pada Tingkat Dasar

Bahasa Inggris yang diketahui merupakan sebagai alat komunikasi dunia internasional tentulah begitu signifikan perannya dalam dunia pendidikan terlebih saat sekarang ini bahasa Inggris merupakan materi pokok yang telah diajarkan diberbagai sekolah dasar baik negeri maupun swasta.

Peran bahasa Inggris sebagai bahasa asing tentulah tidak serta merta gampang untuk dikuasai terlebih pada anak usia sekolah dasar. Kendala-kendala yang sifatnya berupaka teknis maupun non teknis kerap kali menjadi pemicu dari keberhasilan sianak dalam menguasai pelajaran bahasa Inggris factor-faktor tersebut bisa saja berasal dari bagaimana tehnik pengajaran yang diberikan kepada siswa cenderung vakum dan terkesan membosankan. Belum lagi hal-hal yang berkaitan dengan fasilitas, dimana sekolah yang didukung oleh sarana dan pra sarana mumpuni cenderung akan memudahkan sianak dalam menguasai bahasa Inggris, seperti adanya laboratorium bahasa, perangkat elektronik dll.

Namun untungnya pada saat ini pemerintah tidaklah menutup mata terhadap masalah-masalah ini. Untuk mendukung kebutuhan siswa dalam belajar bahsa asing khususnya bahasa Inggris pemerintah melalui sekolah-sekolah telah memfasilitasi siswa yang kurang mampu dengan buku-buku gratis dan perangkat-perangkat ajar yang perannya begitu signifikan.

Pernik-pernik kosa kata sederhana dengan format bilingual (dua bahasa) dengan sangat mudah ditemukan ditiap ruang dan sudut sekolah, kosa kata bahasa Inggris seperti untuk membedakan antara kelas satu dengan yang lainnya dibuat pamphlet kecil dengan slogan 1st grade, 2nd grade etc, dan juga ornament pada dinding diruang kelas telah lengkap dengan tuntunan vocabulary.

Namun sejauh ini peran instrument tersebut belum begitu signifikan, bak sebuah sepeda yang diberikan orang tua pada sang anak namun sianaknya belum mahir untuk mengendarainya jadi perlu latihan yang lebih lanjut. Begitu juga halnya dengan ikon-ikon yang terdapat diseputar lingkungan sekolah dibutuhkan kelihaian dan kemahiran sang guru dalam menuntun sianak agar dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.

Ada banyak cara dalam memudahkan anak menguasai bahasa Inggris dan untuk ini tidak sedikit pula tehnik-tehnik yang telah diajarkan seperti penggunaan tehnik story telling, game, puzzle, dan lain sebagainya. Begitu variatifnya tehnik-tehnik yang ada maka sudah barang tentu memudahkan guru bidang studi yang mengasuh bahasa Inggris lebih focus dalam memicu prestasi siswa.

Ilustrasi Gerak dalam memperkenalkan Kata Kerja (VERB)

Kosa kata atau disebut juga dengan vocabulary dalam belajar bahasa Inggris tentulah sangat beragam secara umum dikenal dengan part of speech. Dan dalam materi ini penulis hanya mengambil beberapa contoh kata guna menjadi pengantar, yakni kata kerja (Verb). Kata kerja (verb) dalam konteks bahasa Inggris merupakan hal sederhana yang sehari-hari kerap dilakukan oleh siapa saja termasuk sang anak didik sendiri. Mengambil subjek verb dan memadukannya dengan tehnik gerak akan terasa materi ajar yang disampaikan terasa attraktif dan menimbulkan ketertarikan sendiri, misalkan ketika memperkenalkan kata “eat, walk,jump,smile,drink” akan dapat teringat dengan mudah bila dipadukan dengan ilustrasi gerakan, bukan hanya itu varian gerakan yang dilakukan juga dapat berfungsi sebagai bahan tes praktek si anak untuk mengetahui seberapa jauh mereka menyerap dan mengingat vocabulary tersebut.

Varian gerakan yang disandingkan dalam perkenalan verb berfungsi sebagai penerjemah (translator) terhadap kosa kata yang disampaikan. Kata “smile” misalnya, di tuturkan akan terasa indah jika guru menyampaikannya menggunakan ekpresi gerakan bibir dan menirukan bagaimana orang tersenyum, dan kosa kata lainnya.

Pembelajaran bahasa Inggris ditingkat dasar dengan kemasan yang ringan kiranya mampu memicu daya ekplorasi sang anak akan subjek yang dipelajarinya. Dan dari sebuah kata sederhana dan mudah dipahami bahasa Inggris akan menjadi bahasa kedua (second language) setelah bahasa pertama yang dikuasai oleh sang anak (first language).

Penggunaan gerakan tubuh adalah sebuah illustrasi komunikasi sederhana yang kerap membantu antara satu orang dengan yang lainnya. Gerakan tubuh adalah ekspresi yang berfungsi sebagai media terjemah dari apa yang hendak disampaikan oleh sipenutur. Anak merupakan objek belajar yang kritis dan memiliki keinginan tahuan yang besar terutama dalam menguasai materi belajar bahasa Inggris, maka guru selaku tenaga professional kiranya selalu melakukan eksplorasi terhadap disiplin ilmu yang diajarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dan saran ditunggu dari yang hanya singgah atau membaca